Tips Memilih Bibit Jamur yang Baik | Jamur Bandung
bibit jamur bandung

Keberhasilan produksi jamur sangat dipengaruhi oleh bibit jamur yang Anda pakai. Bila bibit yang Anda pakai sudah terkontaminasi tentunya akan berakibat buruk pada hasil panen jamur Anda. Media jamur yang diberikan (diinokulasi) bibit yang sudah terkontaminasi akan ikut terkontaminasi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih bibit. Berikut ini merupakan Tips-tips dalam Memilih Bibit Jamur yang Baik, yaitu:

  1. Belilah bibit di tempat yang terpercaya karena dalam kondisi ‘full-white’ bibit sulit dibedakan khususnya bibit f1 jamur tiram dan bibit f2 jamur tiram.
  2. Jangan memakai bibit yang sudah terkontaminasi (misalnya: bibit berwarna, hitam, hijau, atau orange). Pemakaian bibit yang terkontaminasi akan merusak proses pertumbuhan pada media jamur.
  3. Gunakan bibit yang masih produktif. Penggunaan bibit yang sudah tua akan memperlama waktu pertumbuhan dan hasil jamur akan lebih sedikit.
  4. Bekerjalah di tempat yang bersih saat Anda melakukan proses inokulasi.

Demikian posting kami tentang Tips Memilih Bibit Jamur yang Baik. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih bagi Anda yang mau meluangkan waktunya untuk membaca artikel kami yang lain dan mengomentarinya (kritik dan saran).

Mohon untuk tidak copas isi tulisan ini (sebagian atau keseluruhan) tulisan tanpa seijin pemilik website ini. Terima Kasih.

||Baca juga artikel lainnya||

Like this post0

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Go top