Penelitian Jamur Tiram dan Khasiatnya | Jamur Bandung
autoklaf drum
termometer
kran air

Dalam artikel yang kami tulis kali ini, kami mencoba memaparkan beberapa hasil penelitian mengenai kandungan yang ada pada jamur tiram berikut khasiatnya. Diantaranya, yaitu:

  • Hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam Nicotinat, asam Pantotenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik, meskipun jamur tiram telah dimasak.
  • Hasil penelitian dari Beta Glucan Health Center menyebutkan bahwa jamur tiram (Pleurotus ostreatus) mengandung senyawa pleuran (di Jepang, jamur tiram disebut Hiratake sebagai jamur obat), mengandung protein (19-30 persen), karbohidrat (50-60 persen), asam amino, vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (asam pantotenat), B7 (biotin), vitamin C dan mineral Calsium, Besi, Mg, Fosfor, K, P, S, dan Zn.
  • Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral; rendah lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker; mudah memasaknya dan mudah dicerna.
  • Menurut Djarijah, jamur tiram dapat menetralkan racun dan zat-zat radioaktif dalam tanah, menghentikan pendarahan, mempercepat pengeringan luka, menurunkan kolesterol darah, menambah vitalitas, mencegah penyakit kanker atau tumor, kelenjar gondok, dan influenza.
  • Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, Jamur tiram mempunyai kandungan protein 5,94 %, karbohidrat = 50,59 %, serat = 1,56 %, dan lemak = 0,17 %. Selain itu, dalam 100 gram jamur tiram segar mengandung 45,65 mg kalori, 8,9 mg kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur tiram juga mengandung asam folik yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Sebagai pembanding, daging ayam memiliki kandungan protein 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram, dan vitamin C-nya juga 0,0 gram. Maka, kandungan gizi jamur tiram masih lebih komplet sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur tiram merupakan bahan pangan masa depan.

Demikian posting kami tentang Beberapa Penelitan Tentang Jamur Tiram dan Khasiatnya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih bagi Anda yang mau meluangkan waktunya untuk membaca artikel kami yang lain dan mengomentarinya (kritik dan saran).

Mohon untuk tidak copas isi tulisan ini (sebagian atau keseluruhan) tulisan tanpa seijin pemilik website ini. Terima Kasih.

||Baca juga artikel lainnya||

Like this post0

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Go top