Autoklaf Murah, Berkapasitas Banyak dan Berkualitas | Jamur Bandung
autoklaf drum
termometer
kran air

Salah satu alat yang membuat modal budidaya jamur tiram Anda membengkak adalah alat sterilisasi atau dengan istilah autoklaf (autoclave). Ketika Anda membutuhkan autoklaf (autoclave) ukuran sedang (kapasitas 180-200 botol) dalam proses pembuatan bibit jamur, setidaknya Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 3-6 juta. Cukup besar bukan? Namun, sebetulnya Anda bisa menekan biaya tersebut dengan membuat autoklaf (autoclave) sederhana dari drum bekas.
Drum bekas bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda. Harga drum bekas berkisar Rp400-500 ribu. Peralatan lain yang Anda butuhkan adalah karet bekas bagian dalam sepeda motor, baut dan mur yang berukuran besar, drat besi berukuran yang sama dengan diameter termometer dan kran gas yang akan dipasang, termometer (bahan stainless), kran gas, dan besi siku berukuran 2 x diameter drum.

Cara Pembuatan:

  1. Drum dibelah dengan menggunakan alat pemotong besi kurang lebih 15-20 cm diukur dari bagian atas drum.
  2. Besi siku dimodifikasi (dipotong dan dibuat berbentuk lingkaran sesuai diamter drum) dan dipasang pada bagian atas dan bawah dari potongan drum sehingga memudahkan dalam proses menutup dan membuka drum (lihat gambar).
  3. Pasanglah baut berukuran 10cm pada bagian samping drum dengan cara dibaut seperti pada gambar.
  4. Termometer dipasang pada bagian atas drum seperti pada gambar.
  5. Kran gas atau air dipasang pada bagian atas drum seperti pada gambar.
  6. Rekatkan karet ban bekas pada bagian atas dan bawah siku besi yang telah dipasang.
  7. Gunakan mur untuk mengunci autoklaf sehingga uap panas tidak bocor.

Setelah semua proses di atas Anda kerjakan, kini autoklaf (autoclave) tersebut siap Anda pakai. Pastikan saat merekatkan karet ban bekas dan saat proses mengunci autoklaf dengan mur dilakukan dengan benar sehingga tidak ada uap panas yang keluar sehingga suhu tinggi dapat diperoleh sesuai kebutuhan proses sterilisasi. Untuk lebih jelas tentang cara sterilisasi dapat Anda pelajari dalam buku kami yang berjudul KIAT SUKSES BUDIDAYA JAMUR TIRAM (Mandiri dalam Membuat Bibit dan Andal dalam Berbudidaya) budidaya jamur tiram buatan kami yang bisa Anda dapatkan di toko buku kesayangan Anda seperti Gramedia atau pesan ke perusahaan kami.

Termometer yang Anda pasang digunakan sebagai indikator suhu, sehingga Anda dapat memastikan suhu sesuai dengan yang Anda inginkan. Sedangkan kran gas atau air yang Anda pasang berfungsi sebagai “safty valve” atau alat pengaman Anda sehingga drum tidak meledak.
.

Demikian posting kami tentang Autoklaf Murah, Berkapasitas Banyak, dan Berkualitas. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih bagi Anda yang mau meluangkan waktunya untuk membaca artikel kami yang lain dan mengomentarinya (kritik dan saran).
.

Mohon untuk tidak copas isi tulisan ini (sebagian atau keseluruhan) tulisan tanpa seijin pemilik website ini. Terima Kasih.

||Baca juga artikel lainnya||

Like this post3

4 comments

  1. Anonymous Reply July 29, 2016 at 12:45

    Kreatif banget

  2. idtfc99@gmail.com Reply September 27, 2016 at 10:25

    kalo pakai drum bekas, maksimal berapa atm tekanan nya? karna syarat dlm mmbuat bibit diperlukan 1,1 atm tekanan nya, apa drum nya tidak meledak, jika di beri safety valve yg khusus untuk tekanan itu.
    trima kasih

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Go top